Penjelasan Mengenai Program Files (x86) di Windows 64-bit

Penjelasan mengenai program files dan program files (x86) di windows 64-bit,- Jika anda pernah menginstall sebuah software, pernahkah anda memperhatikan letak atau tempat software itu di install? sebagai jawaban mungkin pernah, karena saat kita menginstall sebuah software tentunya kita akan dihadapkan dengan pemilihan tempat untuk penginstallan software tersebut nantinya. Hal ini juga bukan tanpa maksud pasalnya pemilihan tempat penginstallan dilakukan agar kita bisa memilih lokasi penginstallan yang kita kehendaki. Umumnya lokasi default saat kita menginstall sebuah software itu akan masuk ke system C yang tidak lain adalah tempat semua file SO windows kita berada. Oleh karena itu jika kapasitas di sistem C kita tinggal sedikit bisa menginstall software tersebut di lokal disk lain yang kapasitasnya masih banyak.


Berbicara mengenai menginstall software tentunya software tersebut tidak akan langsung masuk atau terinstall di sistem C, melainkan akan masuk ke folder yang secara khusus disediakan oleh windows sebagai tempat install software tersebut. Untuk foldernya sendiri pastinya anda sudah banyak mengetahuinya, yaitu akan masuk ke folder Program files. Namun jika anda pengguna windows 64-bit, baik itu windows 7, 8 atau 10 pernahkah anda perhatikan jika folder program files yang ada di lokal disk C terdapat 2 folder, yaitu yang pertama masih bernama program files dan yang kedua bernama sama namun terdapat tanda (x86) dibelakngnya. Mungkin banyak dari anda yang bertanya-tanya kenapa harus terdapat dua folder program files dan yang satu lagi terdapat tanda (x86) dibelakangnya? untuk menjawab pertanyaan tersebut bisa dilihat penjelasannya dibawah ini.

Perbedaan Progam Files dan Program Files (x86) di Windows 64-bit


Untuk penjelasan mengenai perbedaan program files dan program files (x86) sebenarnya cukup mudah untuk dipahami, perbedaan tersebut terletak pada software yang di install. Jika software yang di install tersebut adalah software yang support dengan windows 64-bit maka software tersebut akan otomatis terinstall atau masuk ke folder Program Files. Sebaliknya jika kita menginstall software 32-bit atau bisa dibilang sebagai software yang tidak cocok bitnya dengan windows kita maka otomatis akan terinstall atau masuk ke Program Files (x86).

Singkatnya Folder Program Files (x86) disini bisa dikatakan sebagai folder yang menampung semua software 32-bit, sedangkan folder Program Files untuk menampung semua software atau aplikasi yang sudah support windows 64-bit. Alasannya sendiri dibuatkan folder Program Files (x86) oleh microsoft agar software yang umumnya 32-bit atau yang tidak support windows 64-bit bisa lancar di jalankan pada windows dengan sistem operasi 64-bit.

Lalu Bagaimana Jika Software 64-bit dijalankan di Windows 32-bit


Memang software atau aplikasi 32-bit bisa dijalankan di windows 64-bit, namun untuk software yang 64-bit tidak akan pernah bisa dijalankan di windows 32-bit. Alasannya sendiri karena pada dasarnya kebanyakan software sudah support dengan windows 32-bit, sebaliknya sangat sedikit sekali software yang support dengan windows 64-bit. Oleh karena itu mungkin alasan pihak microsoft tidak memperbolehkan software 64-bit dijalankan di windows 32-bit karena rata-rata semua software yang dibuat adalah 32-bit. Kalau dipikir pakai logika untuk windows 32-bit, kenapa harus menjalankan software 64-bit jika semua software sudah support windows 32-bit.

Nah sudah pahamkan mengenai perbedaan program file dan program file (x86) yang ada di windows 64-bit yang sudah saya jelaskan diatas, Jika belum paham silahkan lihat langsung di folder program files (x86) yang ada di lokal disk C anda, rata-rata software yang masuk ke dalam folder tersebut adalah software 32-bit. Dan untuk anda pengguna windows 32-bit lihat di lokal disk C anda pasti disitu tidak akan terdapat nama Program Files (x64), Betulkan. Nah jika sudah paham sekian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Related Post :

0 Komentar untuk "Penjelasan Mengenai Program Files (x86) di Windows 64-bit"
# Silahkan berkommentar besuai Topik.
# Disini anda boleh menyisipkan Link di Commentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu
# Dan Jangan sampai kommentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih