Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer yang Lambat

Cara Mengatasi Komputer atau Laptop yang Lemot, Beserta Solusinya,- Komputer yang sangat lambat alias lemot terkadang membuat kita menjadi naik darah apa lagi kalau ditambah dengan Pekerjaan yang menumpuk rasanya ingin membuang komputer tersebut. Banyak kerugian yang dialami bila komputer yang digunakan sangat lambat mulai dari pekerjaan tidak terselesaikan dengan cepat, Saat membuka suatu program komputer atau laptop menjadi hang atau Macet, saat sedang berselancar di internet browser yang digunakan Not Responding.


Itulah beberapa hal yang dialami ketika komputer yang digunakan lambat, kalau ada akibat pastinya terdapat sebabnya, biasanya komputer yang lambat atau lemot tidak terasa saat kita membeli komputer atau laptop baru, akan terasa saat kita menggunakannya sudah lama, Nah mungkin beberapa faktor atau penyebab komputer menjadi lemot dibawah ini mungkin yang terjadi pada komputer/Laptop anda. silahkan simak satu persatu.

Penyebab Komputer menjadi Lemot atau lambat


1. Sampah komputer yang menumpuk
Bukan cuman didunia saja terdapat sampah, dikomputer juga memiliki sebuah sampah. tepatnya sampah yang dihasilkan dari penggunaan komputer. seperti saat kita mengintall atau meng-uninstall suatu software, aktivitas tersebut pastinya menghasilkan sampah di sytem karena penghapusanya kurang sempurna. atau bisa juga karena banyak melakukan aktivitas hapus file.

Solusi: Untuk mengatasi masalah tersebut silahkan gunakan software Utilities atau software pembersih sampah komputer, software ini sangat berguna dalam menghapus sampah di sytem, junk file atau sampah sisa berselancar di internet. Disini saya merecomendasikan Ccleaner yang sudah banyak digunakan oleh pengguna komputer diseluruh dunia untuk pembersih sampah komputer

Baca: Cara menggunakan Ccleaner yang baik dan Benar

2. Terlalu banyak Program yang Terinstall
Masalah yang kedua ialah terlalu banyak menginstall program atau software, mungkin masalah ini yang sering membuat komputer menjadi lemot, karena terlalu banyak menginstall software membuat sampah semakin menumpuk karena penggunaan software serta juga membuat system C menjadi penuh yang mengakibatkan komputer menjadi lambat.

Solusi: Silahkan install software yang penting saja, dan silahkan buang software yang sekiranya tidak diperlukan. Plus silahkan install game yang ukuranya besar di Drive lain selain di System C. dan untuk menghpus software/program sampai ke akar-akarnya silahkan gunakan Revo Uninstaller

Baca: Cara Hapus Program menggunakan Revo Uninstaller

3. Spesifikasi Komputer Rendah
Masalah yang ketiga ini sdah sangat pasti penyebab komputer menjadi lambat, Biasanya ketika kita menggunakan Software atau memainkan sebuah game komputer menjadi lambat karena spesifikasi komputer kurang memadai untuk menjalankan software atau game tersebut.

Solusi: Sebelum menginstall suatu software atau Game, lihat dulu "system requirement" atau spesifikasi komputer yang di butuhkan

4. Terkena Virus
Terkena Virus merupakan masalah yang sangat serius, bukan hanya membuat komputer menjadi lambat akibat duplikat Virus yang banyak (Virus dapat menduplikat diri atau Shortcut). tetapi juga bisa membuat file di system menjadi hilang yang berakibat system komputer menjadi rusak dan yang paling serius membuat komputer menjadi Blue Screen.

Solusi: Silahkan install antivirus yang terbaik dan lakukan scan Virus secara berkala.

Baca: 5 Antivirus Gratis terbaik didunia terbaru 2016

5. Menginstall banyak antivirus

Mungkin ini yang jarang diketahui banyak orang, Usahakan jangan menginstall antivirus lebih dari satu. dikarenakan antivirus salah satu software yang mengontrol kinerja komputer, oleh karena itu jika menginstall antivirus lebih dari satu akan membuat antivirus tersebut bertabrakan yang berakibat membuat komputer menjadi Lambat.

Solusi: Silahkan Install satu antivirus dikomputer atau saran saya silahkan install satu antivirus luar negeri dan satu antivirus Lokal, rekommendasi Smadav. karena smadav adalah antivirus proteksi tambahan.

6. Kerusakan pada komponen Hardware
Hardware merupakan perangkat keras komputer. kerusakan pada hardware yang sering membuat komputer Lemot adalah Hardisk, karena hardisk merupakan tempat menyimpan seluruh data file dari System Operasi dan file lain. contohnya Bila terjadi bad sektor, akan membuat komputer menjadi sangat lambat.

Solusi: Jika terjadi masalah pada hardisk, silahkan bawa komputer ke tempat service komputer atau langsung saja ganti Hardisk dengan yang baru.

Tips: Jika sudah melakukan cara diatas tapi masih membuat komputer menjadi lambat silahkan Install Ulang saja Sistem Operasi. itu akan membuat komputer atau laptop anda menjadi Fresh seperti baru. Baca : Cara Install Windows 7 Menggunakan Flashdisk

Related Post :

0 Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer yang Lambat"
# Silahkan berkommentar besuai Topik.
# Disini anda boleh menyisipkan Link di Commentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu
# Dan Jangan sampai kommentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih